Langsung ke konten utama

EKSTENSI DAN DIAL PLAN



KONFIGURASI EKSTENSI DAN DIAL PLAN PADA SERVER SOFTSWITCH

A.   PENGERTIAN EKSTENSI DAN DIAL PLAN  PADA SERVER VOIP

      Ekstension  adalah label dari extention, berupa sebuah string (angka, huruf, dan simbol) yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokkan dengan nomor telepon.
      Ekstensi  adalah sekumpulan perintah untuk dijalankan. Perintah – perintah ini biasanya dijalankan berdasarkan urutan dari tingkat prioritas.
      Dial Plan merupakan aturan dial yang dimanfaatkan oleh extension untuk menghubungi sesama extension atau trunk dan sebaliknya. Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar – ekstensi, baik berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, biasa disebut dial trunk.  

B.   KONFIGURASI EKSTENSI DAN DIAL PLAN PADA SERVER SOFTSWITCH

*      KONFIGURASI EKSTENSI SERVER SOFTSWITCH
Ada 2 hal yang harus dikonfigurasi dalam ekstensi server softswitch, yaitu :

1.    Konfigurasi Data Account Umum
[general] -> context umum, harus ada
context=tkj -> nama context user
port=5060 -> default port untuk SIP
binaddr=0.0.0.0 -> listen semua ip_addr yang request
srvlookup=yes
tos=0x18
videosuport=yes

2.    Konfigurasi Data Account User
    softphone (nama/nomor account)
    [101] (user/extension)
    type=friend (type account)
    username=101 (login account)
    secret=101 (password account)
    host=dynamic (host yang menjadi ip-pbx, dapat berubah)
    nat=no (tanpa nat)
    dtmfmode=rfc2833 (rtp payload for dtmf digits, telephony tones and                         telephony signals)
    allow=all (mode codec, bisa semua jenis codec)
    callerid=“sip00” (id client)
    context=tkj (context jaringan user)
    canreinvite=no (mekanisme canreinvite)
    mailbox=101@tkj (username @contex)

*      KONFIGURASI DIAL PLAN SERVER SOFTSWITCH
           Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik nano/etc/asterisk/extensions.conf. Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah di non aktifkan. Ketik perintah di bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf.
           Dial antar ekstensi pada IP-PBX [tkj] (seluruh dial plan di bawah hanya berlaku bagi context “TKJ”)

exten => 101,1,Dial(SIP/101,20) -> Dial ext 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik
exten => 101,2,hangup -> setelah time out 20 detik dilakukan hangup
exten => 102,1,dial(sip/102,20)
exten => 102,2,hangup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONFIGURASI BRIKER & X-LITE DENGAN 2 SOFTPHONE

LANGKAH – LANGKAH KONFIGURASI BRIKER & X-LITE untuk 2 Softphone Yang harus disiapkan yaitu :   1.  VirtualBox   2. Briker versi 1.4 yang sudah terinstall di VirtualBox(tergantung kemauan dan spesifikasi laptop)   3. X-Lite (2)   4. Koneksi Internet I.         CARA MENGINSTALL BRIKER       Pertama, kita harus menginstall Briker terlebih dahulu di VirtualBox.  Berikut langkah – langkah menginstall Briker di VirtualBox : 1.      Buka aplikasi  VirtualBox 2.      Klik icon  New . Name :  tergantung keinginan Type :  Linux Version :  Linux 2.6/3.x/4.x(64-bit) –  tergantung spesifikasi laptop Lalu klik  Next . 3.      Selanjutnya atur memory size. Atur hingga 1GB. Lalu klik  Next . 4.      Dibagian ini, pilih  Create a Virtual Hard Disk Now , akan membuat ukuran hardisk baru. Lalu klik  Next . 5.      Pilih type harddisk yang akan digunakan. Pilih  VDI (Virtual Disk Image). Lalu klik  Next . 6.      Lalu pilih  Dy

KONFIGURASI BRIKER & X-LITE DENGAN 1 SOFTPHONE

LANGKAH – LANGKAH KONFIGURASI BRIKER & X-LITE dengan Menghubungi Operator Yang harus disiapkan yaitu :   1.  VirtualBox   2. Briker versi 1.4 yang sudah terinstall di VirtualBox(tergantung kemauan dan spesifikasi laptop)   3. X-Lite   4. Koneksi Internet I.        CARA MENGINSTALL BRIKER       Pertama, kita harus menginstall Briker terlebih dahulu di VirtualBox.  Berikut langkah – langkah menginstall Briker di VirtualBox : 1.     Buka aplikasi VirtualBox 2.     Klik icon New . Name : tergantung keinginan Type : Linux Version : Linux 2.6/3.x/4.x(64-bit) – tergantung spesifikasi laptop Lalu klik Next . 3.     Selanjutnya atur memory size. Atur hingga 1GB. Lalu klik Next . 4.     Dibagian ini, pilih Create a Virtual Hard Disk Now , akan membuat ukuran hardisk baru. Lalu klik Next . 5.     Pilih type harddisk yang akan digunakan. Pilih VDI (Virtual Disk Image). Lalu klik Next . 6.     Lalu pilih Dynamically Al